Photobucket
PhotobucketPhotobucket

Kamis, 07 April 2011

Cerita singkat Amigos X Siempre - - - > capitulo 1

Synopsis telenovela Amigos X Siempre (Persahabatan untuk selamanya)

Telenovela Amigos X Siempre adalah salah satu telenovela anak-anak yang sempat meledak pertengahan tahun 2001 saat itu saya masih SMP. Telenovela ini mengangkat mengenai tema persahabatan yang merupakan pencerminan keseharian anak sewajarnya. Konflik yang ada sering terjadi dalam pergaulan anak-anak pada umumnya.

Umumnya cerita pasti ada konflik. Nggak seru dong, kalau datar-datar saja. Sekali lagi ditekankan amigos perselisihan khas anak-anak. Biasanyakan ada geng-gengan? Meskipun ada “bumbu lama” telenovela:cinta. Tapi porsinya nggak banyak.

Persahabatan, apalagi yang sejati, tidak mengenal rintangan. Seperti yang diperlihatkan debo dan ify (maap nama pemerannya saya ganti), suka dan duka dihadapi bersama. Focus cerita memang pada ify dan debo. Tapi kebersamaan mereka terbawa dalam pergaulan. Karena ketulusan dalam kebaikan ify dan debo, banyak teman-teman sekolah menyukainya. Terutama yang bergabung dalam band sekolah “Amigos X Siempre” (itu adalah nama band), nama tersebut kurang lebih, berarti sahabat sejati atau sahabat untuk selamanya.

Ini dia, telenovela Amigos X Siempre versi ID.

Perubahan perilaku ify amat drastic. Dia jadi nggak gaul lagi bahkan, sering mengurung diri didalam kamar. Ify merasa nggak punya teman lagi. Sebagai pelampiasan, cucu ibu ira ini mengajak boneka kesayangannya curhat.

Ify juga berubah menjadi pembangkang. Sebenarnya, tindakan tersebut salah satu usaha ify menarik perhatian. Ify merasa semenjak ibunya meninggal, tidak ada lagi orang memperhatikan dan mengasihinya, namun yang didapat ify hukuman demi hukuman.

Ira prihatin melihat perubahan ify. Sebagai kepala sekolah yang menerapkan displin tinggi, dia malu pada ify yang kini nakalnya minta ampun. Tapi ya, itu tadi. Ira nggak tau apa yang harus diperbuatnya. Dia berharap excel bisa mengarahkan ify.

Namun yang didapat ify bukan pengarahan, apalagi perhatian. Dia malah dianggap mengidap gangguan mental. Parahnya lagi, excel bukan Cuma memarahi dan menghukumnya. Dia malah melarang ify bergaul dengan siswa lain.

Untung lah ada bu oky, pegawai perpustakaan ini selalu membela ify. Namun, oky juga nggak bisa berbuat banyak menghadapi excel yang juga atasannya.

Suatu hari chiko, putra ibu ira yang tinggal diJambi berkunjung keJakarta. Chiko datang atas desakan debobiet, anaknya, yang belum pernah berjumpa neneknya.

Excel nggak suka dengan kedatangan chiko. Dia menganggap putra kandung ira sebagai penghalang ambisinya. Bukan apa-apa, excel amat berharap menggantikan bu ira memimpin sekolah idola semua sekolah. Termasuk menguasai seluruh warisannya.

Namun, excel juga sadar dirinya Cuma menantu. Sebagai putra kandung, chiko lebih berhak. Masalahnya saat ini hubungan chiko dan bu ira sedang tidak bagus. Nah ini lah yang dimanfaatkan excel.

Excel terus menghasut bu ira. Katanya chiko sebenarnya nggak betah menemani ibunya. Dia juga menjenguk bu ira kerumah sakit juga karena terpaksa.

“ya sudah, kembali saja ke Jambi. Tanpa kehadiranmu, mama juga bisa” kt bu ira termakan hasutan excel.

Padahal sebenarnya, chiko ingin selalu berdekatan dengan ibunya. Bahkan dia nggak mau ketika kekasihnya winda, juga memaksa kembali keJambi.

Chiko mencium niat nggak baik excel.

Sementara itu debobiet juga nggak mau kembali keJambi. Dia tersentuh melihat penderitaan sepupunya, ify. Debo mendapati ify tidak seperti yang dibilang excel: mentalnya terganggu.

Sebaliknya bagi ify, debo teman curhat yang menyenangkan. Dari debo, ify mendapatkan perhatian yang selama ini didambakannya.

Kadang ify memang menjengkelkan. Tapi debo ngerti, sebenarnya ify anak manis yang kurang perhatian. Ini yang membuat debo semakin menyayangi ify. Makanya dia protes banget, gara-gara fitnah excel, ayahnya ingin kembali keJambi.

Kedekatan Debo dan ify membuat excel tambah kebakaran jenggot. Ditambah lagi perhatian dan kasih sayang chiko kepada ify.

Namun, tampaknya excel begitu yakin akan menggantikan bu ira memimpin sekolah idola semua sekolah. Bu ira marah, dia menyuruh chiko kembali keJambi dan nggak perlu lagi memikirkan dirinya. Untuk sementara hasutan excel berhasil.

Merasa senang excel mengadakan jamuan makan malam. Sekedar upacara perpisahan dengan chiko. Sikapnya pun berubah ramah, tapi debo, nggak percaya begitu saja. “pasti ada udang dibalik batu” pikir debo.

Keesokan harinya excel kembali memperhatikan watak aslinya. Lagi-lagi ify kena sasaran. Excel menyuruh pak duta untuk menghukum ify. Melihat ini debo protes. Dia berusaha melindungi ify. Saat bersamaan, chiko muncul dengan marah dia melarang pak duta menghukum keponakannya.

Merasa mendapat dukungan excel, pak duta nggak kalah garang. Namun begitu tahu chiko anak kepala sekolah, nyalinya kontan menciut. Apalagi chiko mengancam akan memecatnya.

Excel membela pak duta. Katanya chiko nggak bisa melakukan pemecatan, Cuma bu ira yang berhak melakukan itu. Tapi chiko nggak kalah gertak. “karena saat ini mama sedang sakit, aku yang mengganti tugasnya!” jawab chiko.

Kejadian itu membuat chiko semakin berniat menolong ify. Sayangnya dia harus kembali keJambi karena dia sudah janji dengan winda. Chiko nggak sadar kekasihnya winda itu juga kena hasutan excel.

Sebelum berangkat chiko menyempatkan bicara dari hati kehati kepada ify. Cerita ify sangat menyentuh hati, sampai-sampai nyaris lupa mesti segera kebandara. Tapi, debo dan obiet menolak keJambi. Mereka memilih tinggal dan sekolah diJakarta. Debo sudah terlanjur sayang kepada ify dan berniat menolongnya keluar dari tekanan.

Debo bukan Cuma perhatian kepada ify. Terhadap teman sekolah dia juga nggak segan membantu. Makanya banyak siswa idola semua sekolah menyukai debo.

Bukan berarti nggak ada yang iri. Salah seorang diantaranya Alvin. Siswa yang suka menjahili ify ini nggak suka kedekatan debo dan shilla, padahal dia berusaha cari perhatian siswi cantik itu. Namun demikian, debo nggak menanggapi sikap Alvin dengan permusuhan. Dia tetap menganggap Alvin sebagai kawan. Meskipun kadang usilnya keterlaluan.

Cuma ada satu hal yang bikin debo heran. Kok, hasil ujian Alvin selalu bagus?. Sepengetahuannya, sehari-hari hasil belajar Alvin nggak terlalu istimewa. Bukannya iri, tapi setidaknya nggak wajar.

Debo curiga kepada satpam sekolah pak duta. Soalnya guru galak itu baik sekali kepada Alvin. Debo, berusaha mencari tahu bersama ify, obiet, ozy, Gabriel, Zahra, dan rio. Mereka datang kerumah Alvin. Nggak disangka, dirumah Alvin ditemukan soal-soal ujian. “ooo, rupanya rupanya dapat bocor’an soal, PANTAS!!!”

Ify melaporkan kasus tersebut kepada excel. Sekaligus menyuruh ayahnya memberikan ganjaran yang setimpal kepada pak duta. Tapi, sepertinya ada yang disembunyikan excel. Dia menolak memberikan hukuman. Dia hanya mengganti soal ujian, dan Alvin mendapatkan nilai NOL.!!!

Ternyata excel dan duta setali tiga uang, sama saja!!!. Dia membocorkan soal ujian pada Gabriel, kakak shilla. Nggak heran, nilai ujiannya selalu Sembilan. Felix yang curiga melaporkan. Tapi malah kena damprat dari excel.

Perlakuan istimewa excel itu semata ingin “balas jasa” kepada joe. Ayah Gabriel itu menjanjikan surat hibah warisan ira jika memberikan nilai bagus kepada Gabriel. Tapi chiko yang tahu niat jelek tersebut menolak menandatangani surat hibah. Excel berang dan melaporkan kepada ibu ira. Namun kali ini, excel kecele. Bu ira malah mendukung keputusan chiko.

Chiko kembali terbang keJakarta. Ini semakin membuat excel was-was. Chiko bisa membuat rencananya menguasai sekolah berantakan. Sebaliknya, debobiet ify dan ozy kegirangan. Rasa sayang chiko kepada debobiet membuatnya tinggal lebih lama diJakarta. Namun lagi-lagi winda memaksa segera kembali. Chiko bimbang.

Mengapa winda begitu ngotot mendesak chiko segera kembali? Tidak lain membuat semacam perjanjian dengan excel. Tapi ketika chiko memutuskan untuk tidak kembali keJambi, excel agak nggak percaya lagi kepada winda. “kita benar-benar gagal”katanya sinis.

Gagal mempengaruhi bu ira, excel cari jalan lain. Guna mengambil hati bu ira, excel berniat menikahi oky, pegawai perpustakaan yang dekat dengan ify ozy dan bu ira. Tapi menjelang pesta pernikahan, oky malah membatalkannya. Hal ini membuat excel marah. Sebaliknya ify dan ozy yang terlanjur menyayangi oky menjadi sedih.

Kemarahan excel memuncak, chiko meladeni. Pertengkaran fisikpun terjadi. Bu ira muncul ditengah keributan. Sebelum chiko memberi alasan, excel malah membalikkan fakta. Katanya, pertengkaran ini gara-gara chiko berniat menguasai harta bu ira.

Kali ini, Julia nggak begitu saja menerima omongan excel. Dengan bijaksana, dia melakukan semacam ujian. Yang berhasil berhak menduduki jabatannya. Persyaratan tersebut disaksikan oleh seluruh pengurus sekolah.

Chiko mulai dengan ide-idenya. Antara lain menyelenggarakan perlombaan music sekolah. Meskipun awalnya sedikit yang muncul tapi dia jalan terus.

Pesta music yang semula berjalan dengan ceria ternoda oleh kericuhan dalam perta music. Namun, anak-anak asuh chiko dinyatakan menang. Ibu ira bangga melihat keberhasilan chiko memimpin anak-anak. Sebaliknya dengan excel.

Sementara itu, chiko mengetahui kebusukan winda, yang tidak tulus menjadi kekasihnya. Tapi chiko nggak bisa berbuat banyak. Soalnya hak asuh debobiet ada ditangan kekasihnya itu. Sedangkan dirinya nggak bisa berpisah dengan debobiet.

Semakin hari, persaingan chiko dengan excel semakin kelihatan. Eross pengurus sekolah kepercayaan bu ira mengadakan rapat dengan guru, orang tua dan murid. Membahas siapa yang pantas menjabat sebagai direktur baru sekolah idola semua sekolah.

Rapat tersebut digunakan excel sebagai jalan ambisinya. Dia menyuruh nena (istri joe) mempengaruhi orangtua murid agar tidak memilih chiko. Namun joe nggak setuju, dia yakin excel menang, namun rapat memutuskan, chiko calon yang paling layak.

Tahu dirinya kalah excel ngamuk. Ruang rapat berantakan karenanya. Joe nggak kalah berang. Bahkan langsung menyatakan nilat mengeluarkan anaknya dari sekolah itu. Melihat dua “bosnya” kalah, pak duta ketar-ketir. Dia takut chiko memecatnya tapi chiko tidak melakukan itu.

Dibawah asuhan chiko, kegiatan band Amigos X Siempre terus berjalan. Kelompok ini mendapat anggota baru sivia. Meskipun ify menerima suka rela masuknya sivia, tapi debo ragu. Soalnya sivia juga mendesak chiko menerima shilla dan Alvin yang terkenal usil. Namun, chiko nggak keberatan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar